Find Us on...

BMR Calculator

Lbs

cm

8 Terbaik Penangkal Kolesterol Jahat

Tingginya kadar kolesterol jahat dalam darah dapat berakibat buruk bagi kesehatan dan memicu perkembangan beragam penyakit seperti jantung, hipertensi, dan diabetes. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Menurut American Heart Association (AHA), Anda dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dengan cara mengonsumsi makanan-makanan sehat.

Berikut ini beberapa jenis makanan terbaik yang dapat membantu Anda memerangi kolesterol jahat.

1. Oat

Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda harus membiasakan mengganti sarapan pagi dengan mengonsumsi oat. Menurut penelitian, konsumsi dua porsi oat setiap hari dapat menurunkan kolesterol jahat sebesar 5,3 persen hanya dalam enam minggu. Perlu diketahui, oat mengandung zat yang disebut beta-glukan, yang berfungsi dalam menyerap kolesterol jahat.

2. Anggur merah

Tidak selamanya konsumsi alkohol itu berdampak buruk. Menurut kajian, buah anggur merah yang digunakan dalam pembuatan red wine memiliki efek penting dalam mengatur kadar kolesterol. Konsumsi dua gelas anggur merah setiap minggu diyakini memberikan manfaat besar bagi kesehatan Anda.

3. Ikan salmon

Ikan salmon dikenal sebagai sumber terbaik asam lemak omega-3 yang berperan penting dalam menjaga kadar kolesterol tetap terkendali serta mencegah penyakit jantung dan stroke. Beberapa jenis ikan seperti salmon, sarden, dan herring membantu dalam meningkatkan kadar kolesterol baik sebesar 4 persen.

4. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Lemak tak jenuh tunggal yang ditemukan pada  kacang-kacangan dan biji-bijian memiliki molekul-molekul asam lemak paling rendah dan merupakan yang terbaik di antara tiga jenis lemak, yakni lemak jenuh ganda, lemak jenuh, dan lemak tak jenuh  tunggal. Menambahkan menu kacang-kacangan dalam diet Anda dapat membantu menurunkan kadar kolesterol sebesar 8 persen. Kacang hitam, kacang merah, ataupun kacang pinto adalah jenis-jenis yang dapat dikonsumsi untuk memenuhi sepertiga dari kebutuhan serat harian Anda.

5. Teh

Ini adalah minuman paling populer untuk mengikis lemak. Teh memiliki antioksidan dan kandungan kafein lebih sedikit ketimbang kopi. Dalam secangkir kopi mengandung sekitar 135 mg kafein, sedangkan teh hanya mengandung 30 sampai 40 mg. Kandungan phytocemical dalam teh juga dapat membantu melindungi tulang. Senyawa tersebut juga berperan sebagai pertahanan besar terhadap kadar kolesterol LDL (jahat).

6. Cokelat hitam

Cokelat hitam kaya akan kandungan antioksidan dan mempunyai peran untuk mengurangi kolesterol. Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan Journal of Hepatologi disebutkan, kandungan antioksidan pada cokelat hitam dapat mengurangi kerusakan pada pembuluh darah yang selanjutnya dapat mengancam kesehatan orang dengan sirosis (penyakit hati kronis). Para ahli menyarankan untuk mengonsumsi 100 gram cokelat hitam setiap hari dalam membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular sebesar 21 persen.

7. Bayam

Sayuran yang satu ini mengandung sekitar 13 senyawa flavonoid yang menjauhkan Anda dari kanker, penyakit jantung, dan osteoporosis. Beberapa literatur menyebutkan, konsumsi setengah cangkir sayuran yang kaya kandungan lutein ini akan menjaga kita dari serangan jantung.

8. Minyak zaitun (olive oil)

Minyak ini memiliki banyak manfaat kesehatan. Asam lemak tak jenuh tunggal pada minyak ini dapat melindungi jantung karena menurunkan total kolesterol, trigliserida, dan kolesterol "jahat" atau LDL, tanpa menurunkan kadar kolesterol baik.

Add comment


Security code
Refresh