Find Us on...

BMR Calculator

Lbs

cm

Cara Perawatan Gigi Palsu

Tanya :

 

Ass..Dok, saya mau tanya Dok. Kakak saya memakai gigi palsu sejak 3 tahun yang lalu. Tapi akhir-akhir ini mulutnya sering berbau tidak enak, kenapa ya Dok? Apakah ada makanan yang dipantang untuk pemakai gigi palsu seperti kakak saya Dok, dan bagaimana cara perawatan gigi palsu yang benar? Terima kasih Dok atas jawabannya.

Firman – 0888251xxxxx


Jawab:


Wa’alaikum Salam Bpk Firman. Terima kasih atas pertanyaannya.

Mulut yang bau harus diwaspadai, karena bau yang tidak enak merupakan produk dari kuman. Artinya, mulut yang berbau menandakan kuman / mikroorganisme dalam mulut yang banyak, disamping adanya kelainan pencernaan. Mikro organisme yang ada di dalam mulut dapat menempel pada gigi maupun gigi palsu bila ada sisa makanan. Bila sisa makanan tidak ada, tentunya mikroorganisme akan sulit menempel dan bertahan hidup. Sisa makanan tidak harus selalu terlihat oleh mata. Ada kalanya masuk ke sela-sela gigi / gigi palsu. Namun ada pula yang lembut dan bahkan menempel erat pada permukaan gigi / gigi palsu, sehingga tidak bisa disikat dengan sikat gigi.

Pada kasus kakak Bpk Firman, perlu dicermati perawatan gigi dan gigi palsunya. Mengenai pantangan makanan yang berkaitan dengan gigi palsu tidak ada. Gigi palsu jenisnya bermacam-macam. Ada yang bisa dilepas dan ada yang tidak bisa dilepas. Masing-masing ada indikasinya. Gigi palsu yang tidak dibenarkan adalah gigi palsu yang sebenarnya lepasan tapi dipasang secara permanen, atau gigi palsu yang bisa dilepas tetapi tidak pernah dilepas oleh pemakainya. Gigi palsu seperti ini membuat sisa makanan yang masuk ke sela-sela gigi palsu tidak pernah bisa dikeluarkan / dibersihkan, sehingga kuman “reuni” di balik gigi palsu. Perawatan untuk gigi palsu lepasan adalah setiap menyikat gigi hendaknya gigi palsu disikat di luar mulut dan bila tidur pada malam hari, gigi palsu tersebut dilepas agar jaringan lunak mulut yang tertutup gigi palsu bisa ber”istirahat”.

Bila disimpulkan, mulut yang tidak berbau bisa didapatkan bila mulut kita bersih. Demikian, mudah-mudahan penjelasan singkat ini dapat memotivasi untuk lebih merawat tubuh kita. Terima kasih Wallahu A’lam.

Add comment


Security code
Refresh